•  
  • LEARNING GIVES YOU KNOWLEDGE
Jumat, 15 Juli 2016 - 15:35:33 WIB
Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan Content Marketing
Diposting oleh : user
Kategori: Mata Kuliah - Dibaca: 1165 kali

Sebuah blog dapat menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya. Kali ini DigitalMarketer.id akan membahas tentang cara menghasilkan uang dari blog dengan content marketing.

Anda mungkin pernah mendengar istilah, “Konten adalah Raja!”. Setelah mendengar istilah tersebut Anda memutuskan untuk membuat sebuah blog baru, atau setidaknya, Anda memutuskan untuk menghidupkan kembali salah satu blog yang sebelumnya tidak aktif.

Untuk menghasilkan uang dari blog, harus ada semacam tujuan , yaitu apa yang disebut dengan harus konversi . Apakah tujuan Anda membuat blog adalah mengonversi pembaca Anda untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan?

Di sinilah content marketing bisa menjalankan perannya.

Jika Anda sudah blogging selama dengan intesitas yang terratur selama 6 bulan, Anda kemungkinan sudah memiliki audience yang menyukai dan berbagi konten Anda di media sosial, jika Anda juga mempostingnya di media sosial.

Masalahnya adalah apakah mereka sudah menangkap penawaran Anda? Jika belum, berarti ada masalah konversi.

Pada artikel ini, DigitalMarketer.id akan membahas tentang cara menghasilkan uang dari blog dengan content marketing

Dengan cara menghasilkan uang dari blog ini, konten Anda menjadi lebih terlihat dan Anda akan dapat mengonversi pembaca menjadi customer yang rela membayar untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Gunakan Subheading

Orang cenderung untuk membaca cepat (skim) saat membaca konten online. Jika Anda ingin membuat bentuk posting blog panjang dan padat dengan informasi, dapat dengan mudah untuk konten Anda berubah seperti menjadi dinding teks dengan paragraf yang sangat panjang.

Tidak ada yang suka membaca format seperti itu. .

Tapi Anda tidak bisa mempersingkat konten yang padat. hal itu akan mempengaruhi pesan yang akan disampaikan pada posting tersbut. Dan selain itu, konten yang panjang lebih efektif untuk pembaca .

Apa yang dapat Anda lakukan adalah memisahkan poin utama Anda menjadi potongan-potongan yang mudah dibaca menggunakan subheading. Ini bisa menjadi cara menghasilkan uang dari blog dengan content marketing yang cukup ampuh.

Tampilannya akan seperti ini.

cara menghasilkan uang dari blog

Subheading membantu membawa perhatian ke bagian tertentu dari sebuah posting dimana pembaca Anda mungkin tertarik. Mereka tidak perlu sebagus dan menarik seperti judul Anda, tetapi seubheading perlu untuk meringkas penjelasan yang ada di bawahnya.

Cara Menghasilkan uang dari blog dengan Memanfaatkan Bukti Sosial

Banyak yang telah dikatakan tentang kekuatan bukti sosial, khususnya testimoni.

Untuk sebagian besar situs, testimoni ditemukan di homepage; kadang-kadang sebuah landing page khusus berisi testimoni klien.

Tapi seberapa sering pembaca blog Anda pergi ke sana? Kemungkinannya adalah tidak banyak .

Untuk memanfaatkan bukti sosial sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari blog, Anda bisa  mengintegrasikan testimoni tersebut dekat dan sekitar posting blog Anda.

Anda bisa menempatkan testimoni di mana orang akan melihatnya, tanpa mengganggu pembaca dari konten yang sebenarnya.

cara menghasilkan uang dari blog

Dalam contoh di atas dari salah satu posting QuickSprout , mereka menempatkan testimonial dari Ben Huh yang juga merupakan banner iklan. Banner iklan tersebut diklik 94%.

Ada juga contoh lainnya dari Michael Arrington sebagai cara nenghasilkan uang dari blog dengan testimoni.

cara menghasilkan uang dari blog

Jika Anda perhatikan, ada karakteristik umum dengan testimonial Ben Huh.

  1. Ini sangat spesifik . Testimoni dari Ben dan Michael tidak hanya mengatakan mereka menyukai QuickSprout, mereka memberikan angka dan hasil dalam jangka waktu tertentu. Semakin spesifik testimony  Anda, itu akan semakin dipercaya.
  2. Hal ini dari influencer. Bukan sembarang influencer, tapi  influencer yang relevan.

Jika influencer atau selebriti tidak relevan dengan target market Anda, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang Anda harapkan.

Kuncinya adalah dengan menggunakan testimoni dari seseorang yang tidak hanya populer, tapi seseorang yang mempunyai kredibilitas dalam niche Anda.

Dalam contoh di atas mereka memasang testimoni dari Ben Huh dan Michael Arrington, yang keduanya telah menemukan keberhasilan dengan strategi online mereka.

Gunakan CTA

Selanjutnya, cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan menggunakan CTA. Dalam content marketing CTA ini sangat penting untuk menghasilkan konversi

Tidak hanya ada alasan untuk tidak memiliki CTA pada setiap posting blog Anda.

Dalam bukunya HubSpot write-up , Dan Zarrella memperlihatkan riset komprehensif bagaimana posting Facebook dengan CTA sederhana seperti “like,” “comment,” dan “share,” benar-benar membuat tingkat keterlibatan (engagement) yang lebih tinggi daripada posting yang tidak menggunakan CTA.

cara menghasilkan uang dari blog

Riset lain tentang CTAs adalah dari Bakers Sosial , kali ini fokus pada Twitter dan menunjukkan hasil yang sama.

cara menghasilkan uang dari blog

Tentu saja, tidak semua CTAs dibuat sama, dan bagian dari kesuksesan mereka terletak pada bagaimana Anda membangun pesan CTA Anda.

Berikut ini adalah kriteria umum dalam membuat CTA yang efektif.

Mudah terlihat untuk diklik

Kesederhanaan dan minimalis seringkali apa yang membuat sebuah tombol pada halaman web mudah untuk melihat, dan karena itu dapat diklik. Mencatat faktor-faktor berikut ketika membuat CTA diklik.

  • Penggunaan ruang putih
  • Kombinasi warna yang kontras
  • Tombol yang jelas dengan CTA
  • Penggunaan image yang menceritakan sebuah kisah

Copywriting yang singkat

Kurang lebih jika Anda ingin meningkatkan efektivitas tombol CTA,  Anda ingin mendorong pembaca untuk membuat keputusan, tetapi tidak ke titik di mana Anda membebani mereka dengan terlalu banyak informasi.

Sesuatu yang sederhana seperti contoh di bawah ini akan cukup.

banner-FB-tanpa-link-CTA

Gunakan kata-kata aktif

Ingat bahwa ajakan Anda untuk bertindak memberitahu audience Anda untuk melakukan sesuatu. Gunakan kata kerja yang menggambarkan tindakan tersebut, seperti “Join,” “Subscribe,” “Download”, dll. Dalam konteks CTA, kata-kata ini meningkatkan kemungkinan tombol CTA mendapatkan diklik.

Memanfaatkan Emosi Pembaca Anda

Tak usah dikatakan lagi bahwa blog Anda harus secara teknis, berkualitas tinggi SEO, tidak ada duplikat konten , konten bebas typo, dan tidak ada kesalahan penulisan untuk pengguna.

Tapi masih ada lagi yang perlu diingat bahwa tidak hanya keunggulan teknis. Ada juga hubungan emosional.

Sebanyak kita mencoba untuk berpikir logis, banyak keputusan yang kita buat setiap hari yang didorong oleh emosi. Hal ini terutama berlaku ketika kita membuat keputusan pembelian.

Tentu, kita berangkat secara logis, dengan alasan yang jelas dari apa yang kita ingin membeli dan berapa banyak yang kita bayarkan. Tapi kadang-kadang, di sepanjang jalan, faktor emosi menjadi faktor utama dalam keputusan akhir.

Blog Anda menawarkan platform yang sempurna untuk memanfaatkan perilaku ini.Yang perlu Anda lakukan adalah membuat copywriting berkonversi tinggi . Gunakan bahasa yang menarik bagi emosi pembaca.

Menurut Psychology Today, “emosi positif terhadap sebuah merk memiliki pengaruh yang jauh lebih besar pada loyalitas konsumen dari kepercayaan dan penilaian lain, yang didasarkan pada atribut merk ini.”

Jaga hubungan yang baik dengan pembaca Anda. Orang tentu ingin merasakan sense of belonging (rasa memiliki). Jika Anda membuat mereka merasa di rumah ketika berada blog Anda, kecenderungan mereka untuk pergi blog lain menjadi lebih kecil.

  • Sebutkan pembaca spesifik pada posting Anda
  • Membahas pertanyaan tertentu yang diajukan oleh seorang pembaca
  • Mengadakan games dan promosi eksklusif lainnya untuk pembaca Anda

Memahami Siklus Pembelian Customer

Setiap customer akan melalui siklus pembelian, sebelum akhirnya membuat keputusan pembelian.

  1. Kesadaran Kebutuhan – Konsumen tahu bahwa mereka membutuhkan sesuatu, hanya saja mereka tidak cukup tahu apa itu, setidaknya belum. Misalnya, Anda ingin mengembangkan bisnis Anda dengan digital marketing untuk mendapatkan lebih banyak profit. Tapi Anda belum tahu bahwa DigitalMarketer.id dapat membantu  Anda.
  2. Penelitian (Alternatif dan Penilaian Risiko) – Pada tahap ini, konsumen mencoba untuk menemukan informasi untuk memperbaiki masalahnya. Anda memutuskan untuk mencari cara untuk belajar digital marketing untuk mendapatkan lebih banyak profit. Anda datang ke website DigitalMarketer.id untuk memperbaiki masalah, karena penelitian Anda memberitahu Anda Aku sudah pernah melakukannya. Anda juga pergi ke 3 konsultan yang berbeda untuk membantu Anda membuat keputusan.
  3. Keputusan Pembelian – Akhirnya, konsumen melakukan pembelian.
  4. Pencapaian Hasil – Konsumen menilai efektivitas produk / jasa Anda. Jika hasil yang diinginkan tercapai, konsumen kembali ke keputusan pembelian ketika diperlukan di masa yang akan datang.

Untuk memaksimalkan efektivitas konversi blog Anda, pikirkan berbagai tahap pembaca Anda, mereka berada di tahap mana?

Misalnya, konten penjualan harus fokus pada penelitian tahap siklus pembelian.Pekerjaan blog Anda adalah untuk mengedukasi pembaca Anda dan memberikan jawaban atas pertanyaan tentang masalah mereka yang terkait dengan produk / jasa yang Anda.

Jika Anda melakukannya secara efektif, Anda kemudian dapat membuat ulasan bahwa produk Anda adalah apa yang diperlukan oleh pembaca.

Fokus pada Niche

Dalam dunia internet yang penuh dengan informasi, mempunyai blog membahas banyak hal tidak akan bekerja secara efektif.

Jadai Anda bisa fokus pada niche yang belum banyak orang yang membahasnya atau memang Anda suka dan cukup ahli pada niche tersebut.

Sebagai contoh,  DigitalMarketer.id fokus pada bagaimana strategi digital marketing dapat membuat sebuah bisnis lebih berkembang. Di sini kami membantu Anda yang ingin mencari peluang baru pada bisnis online, punya bisnis offline lalu ingin go online, sudah go online tapi belum mendapatkan profit, sudah go online dan mendapat profit tapi ingin lebih optimal.

Beda dengan Supplier.id yang fokus pada bisnis dropship online, menjadi suplier produk bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis online dengan sistem dropship.

Temukan niche dimana Anda merasa nyaman, dan melakukan apa saja agar Anda bisa mendominasi.

Jadilah Problem Solver

Topik blog yang paling mungkin untuk mendorong konversi adalah untuk memecahkan masalah, atau titik nyeri (pain point) dari audience Anda.

Misalnya, dalam artikel ini, tujuannya  adalah untuk membantu Anda mendapatkan keuntungan dengan menunjukan cara menghasilkan uang dari blog dengan content marketing.

Kami juga bisa membahas topik seperti:

  • Cara membuat toko online
  • Cara beriklan di facebook
  • Bagaimana mendistribusikan konten

Karena topik didasarkan sekitar titik nyeri atau permasalahan mereka, orang-orang yang membacanya lebih cenderung berada dalam suasana hati membeli.

Jangan memberikan semua hal yang Anda punya. Meskipun Anda tentu ingin memecahkan masalah pembaca Anda ‘, Anda masih ingin agar mereka membeli produk / jasa Anda.

Dalam DigitalMarketer.id, kami membuat konten untuk mendorong pembaca memanfaatkan layanan bimbingan kami yaitu DigitalMarketer.id labs dan Workshop, juga untuk berlangganan newsletter.

Gunakan Pemasaran Ulang (remarketing)

Cara menghasilkan uang dari blog selanjutnya adalah dengan remarketing. Pemasaran ulang atau remarketing adalah salah satu taktik favorit  pada online advertising.

Mengapa?

Ini adalah cara paling sederhana dan termudah untuk membuat audience Anda kembali ke website Anda dan membuat keputusan pembelian.

Ada suatu saat ketka pembaca ingin memutuskan untuk membeli suatu produk, tapi hanya nyaris saja untuk membeli produk Anda. Remarketing dengan iklan memungkinkan Anda menargetkan orang-orang ini, yang mungkin perlu sedikit dorongan untuk mengingat blog Anda dan melakukan pembelian.

Dan jangan meremehkan cara menghasilkan uang dari blog yang satu ini. Riset dari quicksprout menunjukan bahwa: Ketika Anda melakukan strategi remarketing kepada pembaca blog, mereka mendapatkan click through rate sebesar 0,2%. Dari semua pengunjung tersebut, 3,58% akan terkonversi menjadi pelanggan.

Kesimpulan

Content marketing adalah salah satu cara menghasilkan uang dari blog, metode serbaguna untuk menghasilkan konversi. Jika Anda melakukannya dengan benar, Anda dapat dengan mudah meraup keuntungan.

Kuncinya adalah penekanan pada mengonversi pembaca menjadi customer. Aturan praktisnya adalah untuk memulai upaya menghasilkan uang dari blog adalah ketika Anda sudah mempunyai 20.000 sampai 50.000 pembaca blog Anda.

Mempertahankan blog Anda akan memerlukan waktu dan uang, jadi bersiap untuk berinvestasi di awal.

 

sumber : www.digitalmarketer.id



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

instagram takipçi hilesi instagram takipci hilesi